22.02

Ilustrasi: okezone.com/Explant
"Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (QS. Adz-Dzariyat: 56).

Malam yang dingin penuh dengan guyuran hujan membasahi bumi, sebuah pemandangan yang menegangkan dengan cahaya petir yang berkedip sekejap, tak heran suasana sunyi pun menyelimuti malam-malam. Saya kebiasaan duduk menunggu proses inkubasi budidaya bakteri, tak kalah uniknya dengan budidaya makhluk halus yang butuh pengorbanan dan rela membuang waktu.

Berbicara mahkluk halus, apa anda pernah melihat kenampakan mahkluk halus atau digoda oleh mahkluk yang serba seksi itu. Awal cerita ketika saya mengadakan acara organisasi di Kampus ini, pada saat itu saya dan teman-teman melakukan persiapan untuk acara keesokan harinya. Setelah persiapan tepat pukul 22.15 WIB saya dan teman-teman meranjak ke tempat berkumpul (sekret)  untuk rehat sejenak mengumpulkan energi untuk keesokan harinya.

Entah kenapa kami tak merasa lelah dan malah tertawa bareng ramai-ramai sambil menggoda satu sama lain, hingga pukul 01.00 WIB lebih kami merasa tak kuat menahan air mata ini dan matapun sejenak memberi sinyal, tak beberapa lama kemudian ada suara besi yang di geret atau ditarik, bisa dibayangkan bunyinya seperti apa jika besi digeret melewati aspal, kami pun dengan serentak beranjak dari tempat berkumpul untuk mengejar pencurinya itu, yang dipikiran saya itu seorang pencuri.

Setelah kami ke tempat dimana alat itu berada ternyata alat itu masih berada ditempatnya dan belum terjamah di posisi kami meletakkan. Kami pun ngerumpi terheran-heran dengan kejadian itu. Tak berselang lama di Laboratorium deket sekret, kami digoda kembali seakan ingin PDKT dan ngajak jadian. Mahkluk itu pun memainkan musik dengan alat piring dan peralatan dapur lainnya yang ada di Lab tersebut. Suasana pun mulai mencekam. kami pun bersikap cuek dan berusaha rehat sejenak.

Lagi-lagi kami di godain dengan bentuk suara orang berlari di depan secret, kami pikir itu anak olahraga yang lagi latihan. Tetapi logikanyn pada saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 02.00 WIB keatas, tidak mungkin anak organisasi beraktifitas di saat itu. Tidak hanya saya yang merasakan kejadian tersebut,  teman saya pun merasakan hal serupa di Lab Biosains, ketika melakukan operasi mikroba. Itu sedikit cerita dari saya dan kisah teman saya. Sekarang mari kita pelajari bersama mengenai hal ini.

Makhluk ghaib, yang disebut juga Makhluk halus, Makhluk yang tak kasat mata, atau Makhluk astral adalah istilah yang digunakan untuk menyebut makhluk hidup yang eksistensinya tidak dapat dijangkau oleh panca indera Manusia. Kata makhluk berasal dari kata bahasa Arab yang berarti "Yang diciptakan" dan "Ghaib" yang artinya "tidak tampak". Ghaib disini maksudnya adalah apabila dilihat dari sudut pandang (indera) manusia terhadap makhluk-makhluk tersebut.


Cerita hantu lahir dari sebuah kepercayaan kuno bahwa arwah seseorang yang sudah meninggal akan tetap ada meski harus berpisah dengan raganya. Cerita-cerita hantu yang mengerikan juga sudah ada sejak era sebelum masehi di Romawi.

Yunani & Romawi 
Salah seorang penulis asal Romawi, Pliny. Mengarang cerita hantu dalam suratnya. Pliny menceritakan hantu seorang pria tua dengan jenggot lebat yang membawa rantai besi, telah berkeliaran di rumahnya yang terletak di Athena. Demikian, dilansir dari History.com. Kisah-kisah hantu lainnya pun kian berkembang dan pada 856 SM, cerita paranormal horor pertama muncul di dunia ini. Cerita tersebut, penulis memaparkan bagaimana benda-benda melayang dengan sendirinya tanpa ada bantuan manusia. Cerita itu berkembang di sebuah tempat di Jerman.


Inggris 
Beberapa kisah horor di Inggris pada Abad ke-16 juga dinyatakan sebagai kisah yang cukup populer. Istri kedua dari Raja Henry VIII, Anee Boleyn, tewas dihukum mati di menara London pada Mei 1536. Ibu dari Ratu Elizabeth I dituduh mempraktikkan ilmu sihir, berkhianat, dan berzinah. Cerita mengenai hantu Boleyn pun terus bermunculan, beberapa orang mengatakan bahwa Boleyn masih sering terlihat di kediamannya di Kastil Hever, Kent.


Amerika Serikat 
Tradisi Negeri Pamam Sam, kisah hantu yang cukup populer ada di Gedung Putih. Banyak pihak yang sering menceritakan ekistensi hantu mendiang Presiden Abraham Lincoln yang berkeliaran di gedung Capitol Springfield, dan kantor pengacaranya. Seperti diketahui, Lincoln adalah salah satu Presiden AS yang tewas terbunuh. 


Sementara itu, terdapat pula cerita mengenai hantu Benjamin Franklin. Franklin dikabarkan sering terlihat di perpustakaan di Pennsylvania. Warga pun mengklaim, terkadang patung Franklin yang ada di perpustakaan itu sering bergerak dan berdansa di jalanan.


Keberadaan makhluk-makhluk halus di sekitar kita boleh jadi merupakan hal yang tidak bisa kita abaikan. Berbagai fenomena yang terjadi di lingkungan kita dapat saja menjadi tanda bahwa keberadaan makhluk-makhluk halus itu memang ada. Persoalannya adalah, bagaimana persisnya makhluk-makhluk halus itu menunjukkan kepada kita ihwal keberadaan mereka selama ini di sekitar kita?

Ada beberapa medium (cara) bagaimana makhluk halus menunjukkan ihwal keberadaannya di sekitar kita. Diantaranya yaitu itu adalah sebagai berikut:

Visual
Pada hal ini, makhluk halus menampakkan kepada kita secara visual. Secara demikian, kita melihat langsung wujudnya. Penampakan secara visual ini bisa secara terang-terangan atau juga secara samar-samar. Secara terang-terangan umpamanya saja adalah tatkala makhluk halus itu menampakkan kepada diri kita dalam wujud anak-anak, wanita dewasa, orang tua atau dalam wujud-wujud lain. 

Sementara itu, secara samar-samar, makhluk halus itu menunjukkan keberadaannya kepada kita dalam wujud sekelebat bayangan, gerakan sesosok tubuh tertentu atau kilatan cahaya. Penampakan secara samar-samar makhluk halus juga sering melibatkan benda-benda tertentu. Misalnya saja, lampu yang tiba-tiba menyala dan kemudian mati sendiri. Atau misalnya, piring, gelas atau benda-benda lain yang tiba-tiba saja bisa berpindah tempat, tanpa ada seorang pun yang telah memindahkannya. 

Aroma
Makhluk halus kerap pula menggunakan aroma (bau-bauan) untuk menunjukkan keberadaannya kepada kita. Harum bunga adalah di antaranya. Misalnya, ketika di sebuah ruangan tiba-tiba saja hidung kita mencium aroma bunga yang sangat menyengat. Padahal, kita mengetahui tidak ada orang sama sekali yang memasang atau menaruh bunga di sekitar ruangan itu.

Rabaan dan sentuhan
Keberadaan makhluk halus dapat juga ditandai dengan terjadinya rabaan atau sentuhan. Contohnya saja, ketika kita berada sendirian di sebuah ruangan, lantas sekonyong-konyong kita merasakan pundak atau tengkuk kita ada yang meraba atau menyentuh. Hembusan angin yang tiba-tiba saja terasa di sebelah kita pada saat kita berada di sebuah ruangan yang tertutup bisa juga merupakan salah satu pertanda adanya makhluk halus di ruangan itu yang sedang menunjukkan keberadaannya kepada kita.

Suara
Suara juga lazim menjadi alat bagi makhluk halus untuk menunjukkan keberadaannya. Jangan kaget, misalnya, ketika di tengah malam sunyi kita tiba-tiba dikejutkan oleh suara gemericik air dari arah kamar mandi yang menandakan adanya seseorang yang sedang mandi. Namun, tatkala kita memeriksa kamar mandi tersebut, tidak ada seorang pun dijumpai di sana. Atau dilain kesempatan di malam hening, mungkin kita mendengar bunyi gaduh suara gelas serta piring dari arah dapur. Begitu kita menengok ke sana, kita tidak menjumpai sebatang hidung pun, hanya sekilas kita melihat kelebatan sinar yang langsung raib begitu saja.

Selain dengan keempat medium tadi, makhluk halus mungkin pula menunjukkan keberadaannya dengan medium yang lainnya yaitu melalui medium mimpi. Tapi sayang dengan peristiwa tersebut banyak orang mengaitkan makhluk halus dengan hantu yang banyak diartikan sebagai orang mati yang kemudian menampakan diri seolah hidup kembali. Sebenarnya menurut islam pendapat seperti itu disalahkan.



Islam tak ada yang namanya hantu, yang ada itu hanya jin, syaitan dan malaikat yang pada umumnya sudah diketahui oleh banyak orang. Tapi banyak orang menyimpulkan makhluk halus adalah hantu yang memiliki arti orang mati hidup lagi. Sebenarnya, menurut islam orang mati hidup lagi itu tak ada kecuali mati suri atau nanti ketika hari kiamat tiba. 
 

Mungkin beberapa orang pernah melihat makhluk halus yang menyerupai seseorang, sehingga ia menyimpulkan bahwa itu adalah hantu. Namun, sebenarnya itu adalah jin atau syaitan, karena mereka juga bisa menyerupai seseorang yang sudah mati atau masih hidup. 
 

Menurut pandangan islam tentang orang yang sudah mati itu ada dua tipe orang : pertama orang yang menikmati nikmat kubur dan kedua yang mendapat siksa kubur. Orang yang mendapat nikmat kubur itu akan ditidurkan dengan tenang , sedangkan yang mendapat siksa kubur akan terus disiksa hingga hari kiamat tiba. Lalu bagaimana bisa orang yang sedang tidur atau yang sedang disiksa tersebut bisa menampakan diri lagi ke alam dunia? entahlah.

Kita sebagai manusia memang harus mempercayai keberadaan makhluk halus sebagai tanda kebesaran Allah. Dan kita sama-sama diciptakan untuk menyembah Allah dan hidup berdampingan.


oleh: Sugiyanto