12.28


Seperti namanya, Ruang Koleksi Tugas Akhir adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan seluruh koleksi Tugas Akhir (TA) Mahasiswa. Di Politeknik Negeri Jember, tempat ini terdapat di bagian dalam perpustakaan. Selain menyimpan koleksi laporan TA, ruangan ini juga menyimpan koleksi laporan Praktek Kerja Lapang atau PKL.
Bagi mahasiswa TA, keberadaan ruang TA ini sangat membantu dalam referensi tugas akhir. Dimana dalam proposal tugas akhir, diwajibkan adanya karya tulis yang mendahului.
Sejauh ini pelayanan ruang TA diupayakan agar mahasiswa yang mengunjungi merasa nyaman. Ketika mahasiswa sedang mencari arsip TA yang dibutuhkan, petugas membantu mencarikannya supaya mahasiswa tidak kebingungan.
Dalam mekanisme ruang TA, mahasiswa hanya diperbolehkan sekedar membaca tidak untuk dipinjam. Mahasiswa dapat mengfotokopi tidak lebih dari 5 lembar. Arsip-arsip tersebut sangat penting, jika dipinjamkan maka ada kemungkinan arsip tersebut hilang. Konsekuensi tersebut yang menjaga agar arsip-arsip tetap tersimpan.
Letak Ruang TA berada dalam satu tempat dengan perpustakaan. Jadwal buka dan tutup Ruang TA sama halnya dengan perpustakaan. Jam istirahat juga sama dengan perpustakaan. Namun, dalam beberapa kesempatan pintu ruangan ini sering tertutup.
Pada bulan ramadhan dan saat hari-hari pembagian KHS (Kartu Hasil Studi), Wazilatul Jannah, mahasiswi TA dari program studi Manajemen Informatika mengaku beberapa kali mendapati ruangan TA sedang tutup. Ketika bertanya kepada petugas, Wazilatul diberi penjelasan bahwa Ruang TA ditutup karena tidak ada petugas yang menjaga.
Pak Heru, petugas Ruang TA menjelaskan bahwa pengelola Ruang TA adalah dua orang. Apabila Ruang TA terpaksa ditutup, itu dikarenakan petugas yang menjaga sedang sibuk menangani pekerjaan lainnya. Seperti memasukkan arsip-arsip TA yang belum tersedia. Berhubung arsip harus diinputkan ke dalam komputer, maka Pak Heru harus bergantian menangani. Ini membuat petugas penjaga Ruang TA sering berpindah tempat dari Ruang TA, komputer penyimpanan data, serta ke bagian depan perpustakaan untuk mengurusi mahasiswa yang mengumpulkan arsipnya.
-Deasy Lestari, Explant 2009-