12.32


UKM Himapala Bekisar Politeknik Negeri Jember menggelar Lomba Panjat Dinding Nasional (LPDN) yang ketiga. Kegiatan bertajuk Weekend Kuliner dan Musik Party ini dilaksanakan sejak tanggal 9 sampai 13 November 2011. Sejak tiga bulan sebelum hari H, kepanitiaan LPDN 3 telah bergerak untuk melakukan persiapan. Kepanitiaan terdiri dari semua angkatan, bahkan antusiasme alumni juga terlihat dalam persiapan ini.
LPDN merupakan salah satu program kerja yang agendanya adalah dua tahun sekali. Kegiatan yang khusus untuk divisi wall climbing ini, selain bertujuan untuk eksistensi UKM Himapala Bekisar, juga sekaligus sebagai ajang promosi untuk Politeknik Negeri Jember di tingkat Nasional. Denny Isnu selaku ketua panitia, juga menjelaskan bahwa LPDN diharapkan dapat membantu menemukan sekaligus kaderisasi atlit baru di bidang panjat tebing.

Weekend Kuliner dan Music Party
Acara LPDN 3 ini diramaikan dengan stand kuliner dan pesta musik. Di area wall climbing disediakan stand untuk diisi oleh aneka penjual makanan. Serta sebuah stand diisi oleh pemain musik. Weekend kuliner dan music perty ini berlangsung sejak awal hingga penutupan LPDN.

Peserta dari seluruh Indonesia.
Acara nasional, tentu peserta juga nasional. Dari hasil wawancara dengan Denny Isnu pada tanggal 26 Okotober 2011, diperoleh informasi bahwa target peserta yang akan dijaring adalah 200 orang dari semua kategori. Kategori tersebut adalah Lead Umum Putra, Lead Pelajar Putra, Lead Umum Putri, dan Speed Umum Putra.
Cara menjaring peserta dapat menggunakan banyak cara. Selain mengirimkan surat undangan ke seluruh UKM Pecinta Alam jaringan, sosialisasi tentang LPDN 3 ini juga dibantu oleh beberapa Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI). Terlebih lagi kini telah tersedia jejaring sosial seperti facebook. Denny mengaku bahwa ini cukup membantu untuk promosi LPDN 3.
  Biaya mendaftar LPDN adalah Rp. 50.000,00 per kategori. Kemudian peserta akan mendapat fasilitas berupa penginapan, konsumsi selama lomba berlangsung, kaos untuk pendaftar 100 orang pertama, sertifikat untuk semua peserta lomba, id card, dan sticker. Untuk hadiah, Bekisar menyediakan medali dan total dana 20 juta rupiah.
Ketika ditanya mengapa LPDN diadakan dua tahun sekali, Deny menjelaskan bahwa tujuannya adalah penyeimbangan program kerja. Karena divisi di UKM Himapala Bekisar tidak hanya di bidang panjat tebing saja, maka kegiatan yang lain harus dilaksanakan secara berimbang. Terlebih lagi, dana untuk menyelenggarakan program kerja bertaraf nasional ini tidak sedikit.

-Arum Meyrindani, Explant 2009-