14.42
Peserta Building Character Training saat menerima instruksi dari panitia
Caracter Building Training mahasiswa jurusan Manajemen Agibisnis tahun 2014 diikuti oleh 248 mahasiswa. Kegiatan ini merupakan program kerja rutin dari Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan Manajemen Agribisnis (UKMJ MNA) dengan sasaran utama mahasiswa baru jurusan Manajemen Agribisnis. Caracter Building Training kali ini bertemakan “Membangun Generasi Emas yang Cerdas Intelektual, Emosional dan Spiritual”. Program kerja rutin ini diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, yaitu 13-14 September 2014 pukul 06.30 – 17.00 WIB.
Pada hari pertama, acara ini dilaksanakan di Aula Soetrisno Widjaja dan Lapangan hijau. Di Aula, peserta mendapatkan beberapa materi dan informasi dari berbagai pihak yakni Bimbingan Konseling oleh Bapak Endro Sugiartono, materi jurusan Manajemen agribisnis oleh Kepala Jurusan MNA yakni Ibu Retno Mahanani. Materi program studi oleh kepala program studi masing – masing, materi Laboratorium oleh kepala laboratorium masing – masing serta materi akademik oleh Kabag, Kasubag beserta jajarannya mengenai informasi beasiswa, Pekan Mahasiswa Wirausaha (PMW), her registrasi, dan lain – lain.
Setelah pemberian materi dan informasi, peserta menuju lapangan hijau untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya yakni outbond. Kegiatan tersebut ditujukan agar mahasiswa saling mengenal satu sama lain bukan hanya dalam satu prodi namun juga dalam satu jurusan. Selain itu, dalam hal ini mereka dapat melatih kerja sama tim yang nantinya juga dibutuhkan ketika kuliah.
Pada hari kedua, materi mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan Manajemen Agribisnis (UKMJ MNA) yang dilaksanakan di Aula Soetrisno Widjaja diberikan oleh Ketua Umum UKMJ MNA, Johan Satria Pangabdyo, mahasiswa Manajemen Agroindustri semester V. Dalam materi tersebut, Johan menjelaskan lebih mendetail mengenai UKMJ MNA seperti bagaimana cara peserta bergabung dengan mereka, program kerja apa yang bisa dilaksanakan sampai aktivitas keseharian pengurus di sekretariat.
Selanjutnya, pada pukul 08.00 peserta mendapatkan pelatihan intelektual, emosional dan spiritual dari Bapak Abdus Syukur. Beliau adalah seorang trainer handal dan terkenal serta guru di salah satu sekolah ternama di Jember yang memang sudah berpengalaman. Dalam pelatihan tersebut, peserta dilatih dan dibimbing agar mampu menjadi mahasiswa yang cerdas intelektual, mampu memecahkan masalah, menguasai bahasa, memotivasi diri, mengontrol emosional serta memiliki nilai spiritual tinggi. Puncaknya, peserta dan panitia bersama – sama melepas balon di lapangan hijau sebagai suatu simbolis bahwa mereka telah selesai melaksanakan kegiatan Caracter Building Training.
Selain mendapatkan ilmu dan pengalaman, mereka juga mendapatkan sertifikat pelatihan yang nantinya juga dapat digunakan sebagai nilai tambah untuk mendapatkan beasiswa.

Oleh : Siti Sholehatul Muharromah
Foto : Siti Sholehatul Muharromah