16.49
Calon Anggota Explant Setelah Selesai Permainan Dasar - Dasar  Reportase
POLIJE, RABU – UKPM Explant pada tahun ini mendapat respon positif dari mahasiswa, dengan terdaftarnya 63 orang calon anggota baru, sebagian besar berasal dari mahasiswa baru tahun 2014/2015 dan sebagian lagi dari mahasiswa semester 3. Tak seperti tahun lalu, tahun ini calon anggota baru lebih bervariasi dari berbagai jurusan namun terkonsentrasi lebih banyak pada program studi Gizi Klinik.
Dimulai dengan pengenalan diri dari anggota Explant, lalu pengenalan UKPM Explant oleh Pemimpin Umum UKPM Explant Siti Sholehatul M., serta wawasan singkat jurnalisme oleh Ahmad Junaidi A. J. pada Rabu malam (3/9).  Agenda yang bertajuk jabat erat kekompakan tersebut menuai antusiasme dari calon anggota baru, dimana gelak tawa dan juga lontaran pertanyaan meramaikan acara pada malam itu. Kemudian diketahui bahwa tak sedikit motivasi mereka menjajaki pers mahasiwa adalah demi melanjutkan pengalaman jurnalistik semasa SMA-nya. Hal ini mendapat sambutan positif dari panitia, dengan harapan UKPM Explant di Politeknik Negeri Jember dapat berkembang di masa mendatang oleh bibit-bibit baru ini.
Kemudian disinggung mengenai tujuan dan tanggung jawab mahasiswa selain pada pembelajaran kampus juga terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa yang diikuti.
“kak, gimana kalo seandainya saat ada perkumpulan kita ada kuliah?”, tanya seorang maba perempuan. Sugik (Redaktur Pelaksana) menjawab bahwa tujuan utama mahasiswa adalah kuliah, namun jika kemudian bentrok dengan kegiatan UKM, kuliahlah dulu baru menyusul kegiatan.
Kegiatan berakhir pada pukul 21.00 WIB, yang ditutup dengan sebuah permainan bertemakan tak kenal maka tak sayang. Disini, dasar-dasar teknik wawancara digunakan saat perkenalan dalam satu kelompok. Dengan tujuan terciptanya kekompakan dan juga keakraban antar calon anggota baru. Gelak tawa timbul seketika saat perwakilan kelompok mempresentasikan  data diri anggota kelompoknya namun sebagian salah menyebutkan nama.
“Kalau yang ini namanya mulyono,” tunjuk perwakilan kelompok pada salah satu anggotanya yang memakai jaket abu-abu.
“Woy, salah woy...”,  teriak anggota kelompok lain, kemudian diikuti tawa keras-keras.
Baru-baru ini diketahui bahwa sang perwakilan kelompok menyebutkan nama anggotanya benar hanya pada 3 suku kata “MUL”, namun 4 suku kata terakhir hanya karangan seketika saja.

Oleh : Galuh Dwi Saraswati
Foto : Virnando Randy W. P.