09.00
Upacara Peringatan 17 Agustus. Doc. Sugiyanto/Explant

Explant, Jember - Direktur Politeknik Negeri Jember Bapak Ir. Nanang Dwi Wahyono, MM, menjadi inspektur upacara Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ke-71 Indonesia di Lapangan Hijau, Politeknik Negeri Jember, Rabu, 17 Agustus 2016, Upacara kemerdekaan Dirgahayu Republik Indonesia ke-71 dimulai pukul 06.57 WIB dan berakhir pukul 08.05 WIB.

Suasana Peringatan kemerdekaan Indonesia tahun ini jauh berbeda dengan tahun lalu, yang mana pada tahun ini tidak adanya pertunjukan drama musical ataupun attraksi dari mahasiswa Politeknik Negeri Jember.

Pada Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tanggal 17 Agustus 2016, Direktur menyampaikan Pidato Menteri Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi dengan tema Gerakan Nasional “Indonesia Kerja Nyata”. Dalam sambutan tambahan beliau mengajak seluruh Staff karyawan dan Dosen serta teknisi untuk saling bersinergi dalam merevitalisasi Unit Pelaksana Teknis yang ada di Polije dengan tujuan menunjang fasilitas praktek mahasiswa. “UPT yang ada di Politeknik Negeri Jember di revitalisasi untuk menunjang fasilitas praktek mahasiswa” ajakan beliau saat memberi sambutan.

Tema kemerdekaan ke-71 ini adalah kerja nyata dimana dengan hal ini diharapkan bisa mencapai cita-cita yang diinginkan pendahulu kita. “Hanya melalui kerja nyata, cita-cita mulia bangsa kita sebagaimana ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945 dapat diwujudkan yakni dapat berdiri kokoh sebagai bangsa yang berdaulat. Kesadaran akan hal inilah yang mendasari pencanangan Gerakan Nasional “Indonesia Kerja Nyata” dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71”, begitulah sedikit kutipan kalimat dari pidato Menristekdikti ke-71.

Upacara memperingati Dirgahayu Republik Indonesia ke-71 ini diikuti oleh seluruh Civitas Akamdemika Politeknik Negeri Jember, yang terdiri dari Dosen, Staff dan karyawan polije serta Mahasiswa yang berbaris memanjang dengan mengenakan jas Almamater untuk jajaran Pimpinan dan Mahasiswa, serta Hitam Putih bagi peserta dari Dosen, teksnisi dan staff karyawan. Adapun pengibaran bendera pusaka Indonesia dilakukan oleh pasukan dari UKM Resimen mahasiswa (Menwa) Polije. Sementara paduan suara berasal dari UKM paduan Suara dan diiringi marching band oleh UKM Brabas DC.

Setelah pengibaran bendera, upacara dilanjutkan dengan pembacaan naskah teks proklamasi oleh Wakil Direktur Bidang Prasarana dan Keuangan Ir Saiful bahri, MP. Sementara amanat upacara disampaikan oleh Direktur langsung. Pada acara upacara memperingati kemerdekaan Indonesia ke-71, Direktur Polije memberikan Surat Keputusan tentang pemberian Apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi ditingkat Nasional, salah satunya kepada UKM Robotik yang menjuarai kontes robot.

Oleh : Sugiyanto