18.00
Suasana Stand Bazar. Doc. Sugiyanto/Explant
Masa orientasi mahasiswa kembali diadakan bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru (maba) di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Dilatar belakangi SK Dirjen Belmawa nomor 096/B1/2016 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehiduan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), tahun ini orientasi mahasiswa polije diikuti oleh 2031 mahasiswa baru tahun 2016, dan mahasiswa tahun 2015 yang tidak lulus PEKA dari 8 jurusan. Kegiatan ini sempat berganti nama dari PEKA menjadi PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) sejak tahun 2016 di Polije.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Kegiatan PKKMB yang bertemakan Gempita ini juga mengikutsertakan peran UKM dan HMJ untuk kegiatan pengenalan minat bakat. Khusus UKM, pengenalan ini dilakukan dalam 2 mekanisme, yang pertama adalah presentasi secara langsung ke pada maba sesuai jadwal yang ditentukan panitia selanjutnya produk-produk UKM ditampilkan pada stand. Namun konsep peletakan tenda juga jadwal presentasi UKM berbeda dari tahun 2015. Pasalnya, jadwal presentasi tiap UKM dilakukan 4 kali, lebih banyak 2 kali lipat dari tahun lalu juga stand yang tidak dikondisikan memanjang mengikuti pola samping gor. Hal ini menyebabkan adanya ketidakpuasan dari pihak UKM. Data ketidakpuasan berikut berasal dari 13 UKM Sampel (sebagian) yang mengikuti stand.

Persentase Kepuasaan Terhadap Fasilitas PKKMB. Diagram. Galuh/Explant

Menanggapi ketidakpuasan tersebut, Endro Sugiartono, SE, MM selaku ketua panitia PKKMB mengatakan bahwa penempatan posisi stand UKM terkait dengan lahan parkir.  “Mengingat kegiatan ada yang diadakan di hari jumat. sholat jumat tahun lalu dilakukan di GOR, namun dari pihak takmir keberatan, sehingga dilakukan di area masjid,” jelasnya. Dengan ribuan jumlah maba ditambah panitia, tempat sholat jumat diperluas hingga parkiran depan masjid. Sehingga penempatan parkir dipadatkan di gor.

Sedangkan pembagian golongan A dan B menjadi A1,A2,B1,B2  didasari pada pertimbangan efektifitas penerimaan informasi dari sejumlah 1000 maba kemudian dipisah jadi 500  yang menyebabkan  UKM presentasi hingga 4 kali.

Parameter Kekurangpuasan Terhadap Fasilitas. Diagram. Galuh/Explant


Oleh: Galuh Dwi Saraswati