05.12
Sabtu malam lalu, tepatnya tanggal 15 Novernber 2014 Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (UKMJ TI) mengadakan Malam Inagurasi Jurusan. Bertempat di Aula serba guna Soetrisno Widjaja Politeknik Negeri Jember.

Acara ini di buka dengan pembacaan laporan kegiatan oleh ketua panitia Nalendra, kemudian sambutan dari Ketua UKMJ TI Beni Setiawan, Sambutan dari DEPERMA dan yang terakhir sambutan dari ketua Jurusan TI yang di wakil oleh Agus Hariyanto, ST, M.Kom selaku sekertaris jurusan.

Acara malam inagurasi ini adalah puncak dari serangkaian kegiatan Pengenalan Kegiatan Kampus (PEKA) tingkat jurusan, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 21, 22 dan 28 September 2014 lalu. Pada tanggal 20 dan 21 September para Mahasiswa Baru Jurusan Teknologi Informasi di berikan matrikulasi. Dibuka dengan apel pagi dengan Pembina apel Ketua Jurusan TI, bapak Suratno. Pada hari itu mereka diberi materi yang bersangkutan dengan jurusan TI untuk lebih mengenalkan seluk beluk kegiatan perkuliahan yang ada di jurusan TI

Seperti sambutan dari ketua UKMJ TI saat memberikan sambutan pada pembukaan malam inagurasi agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan cara belajar di kampus Polije ini. "Untuk Mahasiswa baru yang berasal dari SMA, SMK dan MA agar dapat merubah sikap setelah masuk di Politeknik, karena kuliah tidak seperti sekolah. Lalu dapat menggunakan etika yang baik di dalam kampus" ujar Beni Setiawan.

Pada tanggal 28 September, dilanjutkan dengan agenda Outbond. Acara ini masih dilakukan di dalam lingkup kampus Politeknik Negeri Jember. Dengan total peserta dari prodi Manajemen Informatika (MIF) dan Teknik Komputer (TKK) 297 orang di bagi menjadi beberapa kelompok, setiap kelopok berjumlah 15 orang. Kelompok tersebut harus melewati pos - pos yang tersebar di lingkungan kampus dengan syarat setiap anggota kelompok harus hafal kata sandi yang sudah di berikan panitia yang setiap posnya kata sandinya berbeda - beda. Kegiatan outbond ini tidak hanya kegiatan senang- senang saja, peserta akan dinilai oleh panitia secara individu dan nilainya akan di cantumkan pada sertifikat PEKA Jurusan. Tujuan dari outbond ini adalah agar para mahasiswa baru ini tahu nama - nama gedung dan tempat selain Jurusan TI yang ada di Politeknik Negeri Jember.

Malam inagurasi ini bertemakan Bhinneka Tunggal Ika. Para mahasiswa baru jurusan TI di wajibkan mengenakan pakaian batik. Tema ini di ambil agar tidak ada rasa diskriminasi. "Tema ini di ambil bertujuan untuk menyamakan bahwa TKK dan MIF adalah sama, juga untuk memunculkan rasa bangga dengan jurusan" Nalendra menambahkan.

Selain itu Agus Hariyanto, ST, M.Kom dalam sambutannya lebih menjelaskan lagi maksud dan tujuan dari kegitan PEKA Jurusan ini khususnya malam inagurasi. "Selain ilmu di perkuliahan mahasiswa di berikan kesempatan untuk mengembangkan softkillnya di acara inagurasi ini dan saya mengucapkan selamat datang di Jurusan Teknologi Informasi Politeknik Negeri Jember" Ujarnya.

beberapa foto kegiatan dari PEKA Jurusan dan Inagurasi Jutusan TI

Apel pagi sebelum kegiatan matrikulasi

Banner pada saat acara malam inagurasi

Hariyanto, ST., M.Kom Saat memberi sambutan pada acara malam inagurasi

Salah satu penampilan dari mahasiswa jurusan TI saat malam inagurasi
Penampilan Akustik 


Oleh : Ahmad Junaidi Al Jawawi
Foto : Doc. Panitia