10.24
Oleh : Galung Setiawan

            Liburan sudah kita lewati guys, bagaimana liburan kalian asik atau tidak? Apa yang kalian lakukan selama liburan? Liburan waktunya untuk menenangkan hati, pikiran dan tenaga kita setelah melakuakan aktivitas belajar mengajar. Liburan sangat di nanti-nanti oleh anak sekolah apalagi tahun ini bersamaan dengan hari raya Idul Fitri. Sebelumnya Minalaizin walfaizin ya, mohon maaf lahir batin. Dari hari libur yang kita miliki terdapat banyak peluang seperti :
ü    Menata skala planning kalian, maksudnya menyusun rencana yang akan didahuluakan. Perioritaskan rencana yang paling penting seperti  liburan, main ke rumah teman atau bekerja.
ü    Kalau kalian jadi anak rumahan. Ada baiknya kalian bantu-bantu pekerjaan rumah, seperti menyapu, membersihkan halaman dll.
ü     Kalau kalian mau bekerja waktu liburan. Malah lebih asik daripada state in home , lebih baik cari kesibukan seperti kerja hitung hitung mencari pengalaman. Selain itu kerja juga bisa dilakukan di perusahaan atau tempat prakerin kalian dulu selama duduk di bangku SMK.  Mungkin magangnya selama 1 minggu atau 2 minggu.
ü     Kalau kalian liburan atau suka travelling, pastinya itu lebih asik, namun harus diperhatikan tempat tempat yang akan kita kunjungi. Liburan yang asik adalah liburan yang bersama sahabat tercinta, pacar atau keluarga tetapi sesuai dengan kantong saku. Pilih tempat liburan yang aman dan mengasikkan.
ü    Untuk kalian yang liburannya dengan kesibukan membaca Novel, buku pengetahuan, membuat sebuah karya itu lebih bagus karena hal tersebut merupakan salah satu modal bakat kalian untuk kedepannya dan dapat dijadikan sebagai awal untuk membuat sebuah karya yang bermanfaat. Adakah dari kalian yang melakukan hal bermanfaat seperti ini ?
ü  Selanjutnya untuk kalian yang mempunyai bakat menyanyi, menari, olah raga sepak bola, volly. Kegiatan tersebut bisa dijadikan latihan untuk mengisi waktu luang selama waktu liburan. mungkin bisa dilakukan pada pagi hari, kalau pagi hari cocoknya olahraga joging keliling lapangan. Dengan kegiatan ini kalian setidaknya dapat membantu menggerakkan otot otot kalian atau tubuh kalian supaya sehat . Sedangkan untuk melakukan kegiatan pada sore harinya kalian bisa melakukan latihan bakat-bakat kalian seperti bermaian basket,volly,sepak bola.dll.

            Banyak sekali macam-macam kegiatan positif yang dapat kalian lakukan untuk mengisi waktu liburan, asalkan itu bermanfaat dan tidak membebankan diri kalian serta sesuai dengan kantong saku kalian pasti lebih mengasikkan, kalian tidak akan merasa jenuh selama liburan ini.