16.03


Sabtu,04/07- Politeknik Negeri Jember mengadakan sosialisasi PKM yang dikoordinatori oleh kepala P3M Bapak Michael Joko Wibowo, kegiatan ini merupakan langkah awal bagi mahasiswa untuk lebih meningkatkan prestasi di bidang akademik. Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Ditlitabmas Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di Perguruan Tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana,yaitu PKM.

sumber: Sambutan Wadir III, Penerima dana PKM
Wadir Bidang Kemahasiswaan Muh.  Munih Dian Widianta, S.Kom, MT, menuturkan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan program untuk mahasiswa agar mutu mahasiswa lebih baik, karena selama ini tingkat mutu mahasiswa di Indonesia menurun. Selain itu, pengirim proposal PKM setiap tahun di Polije menurun dari tahun ketahun.
“Program PKM ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh Dirjen Dikti untuk meningkatkan mutu mahasiswa. Namun, di Polije mahasiswa pengirim proposal terus menurun setiap tahunnya.”

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
Pada program PKM tahun ini terdiri beberapa bidang pada tahun 2011, jumlah bidang PKM bertambah menjadi tujuh dengan terbitnya bidang PKM-Karsacipta. PKM dialokasikan di Ditlitabmas Ditjen Dikti bagi seluruh Perguruan Tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan mahasiswa lebih meningkatkan kwalitasnya dengan mengikuti program ini dan dengan harapan tahun ini Polije lebih banyak yang mengirim proposal dibanding tahun sebelumnya. Bapak Michael Joko Wibowo menambahkan bahwa pihaknya siap menfasilitasi secara teknis mulai dari penyusunan judul sampai akhir nanti di PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), “Kami siap menfasilitasi bagi mahasiswa yang ingin konsultasi jika ada kesulitan dan kami sudah bentuk coordinator di masing-masing jurusan,” tutur koordinator PKM Polije 2015 bapak Michael Joko Wibowo.
Dengan didasari kesadaran penuh atas adanya kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan realita kebutuhan masyarakat dan munculnya tuntutan masyarakat atas mutu lulusan Perguruan Tinggi yang mandiri dan siap mengantisipasi dinamika pengembangan bangsa.

oleh: Sugiyanto