15.17
Acara Depresi UKM Lumut. Doc. Dipta/Explant



Explant – Rabu (01/06) Depresi ( Demo apresiasi seni ) merupakan sebuah acara yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lumut sebagai salah satu program kerja.  Acara ini memadukan antara seni lukis, musik, dan tari untuk pengapresiasian seni anggota ukm lumut kepada masyarakat luas sebagai gerakan pelestarian budaya.
Ande-ande lumut menjadi cerita penokohan depresi tahun ini, sebuah cerita tradisional yang didalamnya menyuguhkan intrik dan romantisme cerita kerajaan Jenggala. Dalam ceritanya pangeran Kusumayudha akan memilih calon permaisuri dari para kelenting. Cerita yang dibawakan pun tidak terkesan kaku dengan dikombinasikannya dengan tarian kontemporer sehingga menjadikan Depresi kali ini ditunjukkan kepada penonton yang berjiwa muda.
Acara yang berlangsung pada pukul 19.00 WIB ini menjadi salah satu acara yang meriah,karena banyak penonton dari dalam kampus maupun dari luar kampus yang ikut meramaikan acara tersebut. Sehingga panitia meminjam lahan parkir menjadi langkah antisipasi UKM Lumut untuk mengatasi kekurangan lahan parkir penonton.
Redupnya cahaya lighting mengiringi Depresi kali ini, seperti memberi kesan kolosal disetiap adegan dalam pementasannya. Banyaknya penonton melebihi kuota kursi yang disediakan panitia, menyebabkan banyak penonton yang menikmati acara Depresi dengan berdiri. Tanggapan pun terlontar dari salah satu penonton depresi kali ini “Mungkin kurang besar ya gedungnya sehingga kurang memadai untuk penonton yang baru datang, kasihan tidak mendapatkan tempat duduk. Saran saya untuk kedepannya depresi ini dapat diadakan di gor perjuangan 45 sebagai upaya pencegahannya.” ujar Ganang yang saat itu menonton Depresi.
Kemandirian acara ini terlihat ketika UKM Lumut mempersiapkan acara. Kurangnya respon dari lembaga akan acara Depresi kali ini mengharuskan UKM Lumut bekerja mandiri mencari sponsor sebagai menyokong pendanaan acara ini. “Ketika kami mengajukan proposal  acara ini ke lembaga, mengalami problem. Jadi untuk tahun ini kami tidak disupport dana sama sekali oleh lembaga, jadi dana kami full dari sponsor.” Ujar Vian Rizqi Mulyono selaku ketua pelaksana.
Dalam segi telentpun cukup kompak ketika anggota ukm lumut ini sering melakukan latihan secara rutin di aula student center jauh hari sebelum hari pementasan. Salah satu anggota lumut juga mengikuti Talk Show yang dibuat oleh Soka Radio dalam membantu publikasi pada acara Depresi kali ini.”Kami diberi support dari Soka Radio untuk fasilitas publikasi tentang acara kami melalui acara talk show Soka Radio.” Tutur Vian.
Oleh : Mohammad Nur Huda