15.58
1


Doc. Explant/Ardy

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Studi Karya Ilmiah Mahasiswa (SKIM) Sabtu (5/3), mengadakan kegiatan 2nd SAFE yang bertempat di Aula Soetrisno Widjaja. Terdapat dua macam lomba pada acara tersebut yaitu karya tulis ilmiah dan poster ilmiah tingkat internal Polije.
2nd SAFE merupakan salah satu usaha dari UKM SKIM yang ingin meningkatkan minat mahasiswa Polije dalam segi penelitian. Rifky Eko Ferdianto selaku ketua panitia menuturkan bahwa lembaga pun mengharapkan agar kegiatan UKM lebih memberdayakan dan meningkatkan potensi mahasiswa Polije.
Lomba 2nd SAFE ini dapat membantu pengalaman dalam berkaya tulis ilmiah mahasiswa, terutama saat mengikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dalam PKM tersebut terdapat beberapa bidang, salah satu bidangnya adalah PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI) yang pada kegiatan ini UKM SKIM mengemas dalam lomba karya tulis ilmiah dan poster ilmiah.
Beberapa dosen yang menjadi  juri dalam karya  tulis  ilmiah yaitu Bayu Rudiyanto, Rahmad  Ali Syahban dan Hari Rujito. Untuk juri poster ilmiah adalah Netty Irnawati, Andik Irawan dan Hariyono Akhmad.
Acara ini merupakan final dari kedua lomba yang telah melalui tahapan seleksi. Sejak awal pembukaan di bulan Desember, panitia telah membuka pendaftaran lomba dan penilaian dari juri.Untuk karya tulis ilmiah Rifky menjelaskan bahwa sebelum lolos ke sepuluh besar, juri telah menyeleksi karya peserta. “Ada 4 tahap seleksi, yaitu mulai dari pengumpulan abstrak, administrasi, full paper  dan yang terakhir presentasi.” Dari hasil presentasi tersebut nantinya semua nilai akan diakumulasikan untuk menentukan siapa pemenangnya.
Reni Wijayanti selaku koordinator lomba poster ilmiah juga menambahkan bahwa minat mahasiswa Polije untuk berpikir dan berkarya ilmiah masih sedikit, dilihat dari peserta yang mengikuti PKM pada tahun lalu dan hasilnya yang lolos. “Lihat saja berapa mahasiswa yang minat dalam karya ilmiah dan hasilnya bisa dilihat di banner yang dipampang di gedung pasca dan asih asah asuh,” ujarnya. Sedangkan pada lomba poster juga ada beberapa tahapan seleksi, namun sedikit berbeda dengan karya tulis ilmiah tetapi pada tahap akhirnya sama, yaitu presentasi kepada juri tentang poster yang dibuat.[]
Oleh :   Ardy Cahya  Pratama (Anggota magang) dan Ahmad Junaidi Al Jawawi