13.00
Salah satu penampilan dari UKM Lumut/ Doc. lumut
“Berawal dari sekitar 5 sampai 6 orang ngopi, trus ada yang bilang gimana kalau Lumut ada acara,” ujar Rendra Wafa, ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lumut (Lukis Musik Tari ) saat menceritakan usulan ide untuk acara Gang Syahdu pada Senin (14/3) disela-sela acara. UKM Lumut mengadakan Gang Syahdu dengan mengajak UKM yang ada di daerah SAC (Student Activity Center) untuk turut berkontribusi.
Acara Gang Syahdu ini berupaya mempererat tali persaudaraan antar pegiat UKM di sekitar SAC, dengan cara mempersembahkan penampilan dari tiap ukm. Bertemakan Bangku sekitarku, UKM Lumut mengajak UKM-UKM lain yang berada di sekitar SAC untuk saling mengenal dan meramaikan acara. “Tema itu adalah kata kiasan. Maksudnya, kita sama-sama belajar, berorganisasi di komplek ini," kata Rendra. Ia juga menambahkan bahwa walaupun sering bertemu dan menyapa, terkadang ada beberapa anggota UKM masih belum terlalu mengenal dengan anggota UKM lainnya. “Saya sendiri melihat masih kurang komunikasi, walaupun masih bertegur sapa. Tetapi ada anggota UKM yang kenal, ada yang cuma tahu namanya, tahu wajahnya aja,” ujar Rendra menjelaskan. Harapannya dengan acara yang diadakan di depan sekretariat UKM PSM ini, tiap anggota UKM khususnya yang ada di komplek SAC lebih akrab lagi untuk saling komunikasi dan mengenal.
Dalam acara ini Rendra masih menargetkan UKM yang berada di sekitar SAC yaitu UKM Bekisar, UKM SKIM, UKM Olahraga, UKM Explant, UKM Teater Kotak, UKM PSM, UKM PMK dan UKM Pramuka. Beberapa UKM turut meramaikan diantara UKM Lumut, UKM Explant, UKM PSM, UKM Teater Kotak. Beberapa penampilannya yaitu puisi, musikalisasi puisi, akustik dan juga band. Tak hanya UKM dari internal Polije, beberapa UKM seni dari luar pun juga turut rembuk dalam acara ini diantara UKM Panjalu FTP UJ, UKMK Unej, UKM Ph Songo FKM UJ.
M. Afif Rijal Husni selaku ketua UKM Pramuka  menanggapi baik acara UKM Lumut, ia menilai acara-acara koordinasi seperti ini memang dapat mengakrabkan antar anggota UKM yang belum kenal. “Acaranya bagus untuk mengakrabkan anggota antar UKM, seperti acara koordinasi yang sudah pernah  diadakan beberapa UKM sebelumnya,” ujarnya.

Oleh : Ahmad Junaidi Al Jawawi