11.26
Doc. Explant

Sabtu, 15 Agustus 2015
Sabtu, pagi tanggal 15 Agustus 2015 pukul 07.00 WIB seluruh mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember melakukan kegiatan Apel dalam rangka pelantikan PEKA 2015 di lapangan hijau Politeknik Negeri Jember. Apel pelantikan PEKA diikuti oleh 2059 peserta mahasiswa baru dan seluruh panitia PEKA 2015 serta beberapa staf kemahasiswaan. Para MABA terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut, begitu pula dengan para panitia. Hal itu tampak pada berjalannya kegiatan Apel, para MABA mampu menerima dan mematuhi peraturan panitia dengan baik, begitu pula dengan para panitia yang tertib dan teratur dalam membimbing terlaksananya kegiatan Apel.
“Menurut saya Apel berjalan sangat baik, hikmat dan tertib. Panitia terlihat sudah maksimal dalam mempersiapkan dan melakukan kegiatan pelantikan PEKA 2015 ini,Ujar Maria Veronika, salah satu MABA jurusan kesehatan.
Dalam kegiatan Apel pagi ini banyak informasi penting yang disampaikan oleh Pembina Apel berkaitan dengan Kemahasiswaan dan beberapa Kegiatan Akademik di Politeknik Negeri Jember.
“PEKA merupakan Pengenalan Kegiatan Akademik dimana para Mahasiswa Baru dikenalkan tentang wawasan sistem pelatihan yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan kedisiplinan serta mengenalkan tentang berbagai sarana prasarana di Politeknik Negeri Jember seperti beberapa ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, dan lain lain. Hal ini bertujuan agar MABA mampu berinteraksi lebih mudah dan lebih dini sebelum mereka ditetapkan sebagai Mahasiswa tetap Politeknik Negeri Jember, Ujar Pembina Upacara.
“Dengan adanya Pengenalan Kegiatan Akademik diharapkan para Mahasiswa Baru mampu membangun mental serta dapat berdedikasi dalam mengenyam pendidikan agar kelak mampu menjadi pemimpin yang disiplin, berkarakter serta berwawasan dan berpengetahuan tinggi, Lanjut Pembina Upacara.
“Pada dasarnya, semua jurusan di Politeknik Negeri Jember ini sama, namun tergantung dari Mahasiswa bagaimana mereka dapat mengembangkan kemampuan diri, keluasan serta memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah disiapkan. Selain itu, tekad dan kesungguhan dari Mahasiswa itu sendiri sangat penting dalam menentukan keberhasilan dan kesuksesan mereka, maka jadilah Mahasiswa yang kuat dan tidak mudah terombang-ambing oleh kehidupan.”
Panitia PEKA 2015 berasal dari organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), yang bekerja sama dengan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), yaitu UKM Menwa dan Pramuka sebagai Tim Lapangan dan Keamanan, UKM KSR sebagai Tim Kesehatan, serta Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) sebagai panitia PEKA Jurusan.
Dalam kegiatan PEKA kali ini, panitia menyelipkan tema “ PENDIDIKAN KARAKTER” dengan tujuan dapat menjadikan peserta PEKA 2015 sebagai Mahasiswa berkarakter dan berdedikasi tinggi serta nantinya mampu menjadi penerus bangsa yang jujur, tangguh, cerdas dan peduli. Dalam hal ini panitia bekerja sama dengan SECABA dalam mengajarkan pendidikan untuk memperdalam dan membentuk jiwa berkarakter pada Mahasiswa Baru, kegiatan yang berkaitan dengan hal tersebut diantaranya pelatihan kedisiplinan yaitu mahasiswa dilatih PBB yang baik dan benar serta berbagai kegiatan lainnya. Melalui kegiatan tersebut diharapkan Mahasiswa Baru dapat menerapkan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk kegiatan  pengenalan akademik akan dilaksanakan di GOR Perjuangan ’45 selama dua hari.
Selain itu, Ahmad Fauzi Ketua BEM mengungkapkan bahwa panitia juga menetapkan slogan PEKA ASIK. Slogan tersebut diaplikasikan dengan menerapkan sistem 3S, yaitu Senyum, Sapa, Salam. Dalam artian para panita diharuskan untuk selalu bersikap ramah kepada para peserta PEKA dan berupaya membuat seluruh kegiatan sangat asik sehingga dapat diterima dengan baik oleh seluruh peserta PEKA 2015.
Dalam mendukung terlaksananya slogan tersebut, Ahmad Fauzi Ketua BEM prodi MID menuturkan, Kami memanfaatkan akun sosial media seperti facebook, twitter, BBM dan lain-lain sebagai sarana dalam menampung aspirasi MABA serta sebagai media untuk peserta dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap dan jelas mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan PEKA 2015 dan beberapa informasi akademik lainnya”.
Perbedaan PEKA tahun ini dan tahun sebelumnya adalah kami lebih menekankan pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan karakter serta berusaha menciptakan suasana PEKA tahun ini lebih enjoy dan lebih asik”. Ucap Ketua Panitia Salman Al Farizi.
Untuk kendala yang dihadapi, sejauh ini belum menjumpai kendala apapun.
Sejauh ini belum ada kendala apapun, pada awal kegiatan PEKA berjalan lancar dan kami juga berharap untuk selanjutnya dapat berjalan lancar dan sukses,” lanjut Ketua BEM Ahmad Fauzi
Mengenai penerapan sanksi bagi para peserta PEKA yang melanggar tata tertib yang telah ditentukan, panitia hanya akan memberikan kartu indisipliner sebagai peringatan, dan untuk selanjutnya akan diserahkan kepada lembaga yaitu melalui tim kedisiplinan.
Berikut susunan jadwal kegiatan PEKA 2015 berdasarkan tuturan Ketua Panitia PEKA Polije 2015 Salman Al Farizi (MID-2007):
1.      Jumat, 14 Agustus 2015 di GOR Perjuangan ’45 dan Aula Soetrisno Widjaja.
Kegiatan yang dilakukan adalah pembagian atribut PEKA dan pengarahan tentang sistem dan tata tertib kegiatan PEKA. Peserta dibagi menjadi dua golongan yaitu golongan A dan Golongan B, dimana kedua golongan ditempatkan pada tempat yang berbeda secara bergantian.
2.      Sabtu, 15 Agustus 2015 di Lapangan Hijau Politeknik Negeri Jember.
Seluruh peserta PEKA melakukan kegiatan Apel dalam rangka pelantikan sekaligus pembukaan PEKA 2015.
3.      Senin s.d Kamis tanggal 24 s.d 27 Agustus 2015 adalah kegiatan inti.
Pelaksanaan dilakukan di dua tempat, yaitu di Secaba dan GOR Perjuangan ’45.
Di secaba MABA akan mendapatkan pelatihan kedisiplinan dan penyuluhan pendidikan berkarakter serta aplikasinya, sedangkan di GOR Perjuangan ’45 kegiatan yang dilakukan adalah pengenalan baik tentang Kegiatan Akademik maupun Kemahasiswaan.
4.      Jumat dan Sabtu, tanggal 28 dan 29 Agustus 2015, PEKA Jurusan.
Kegiatan pengenalan jurusan yang akan ditangani oleh HMJ sebagai panitia.

Adeima Fitria Rafika
Shofi Hidayatul Masruroh