11.24
Doc. Explant

Jum’at, 14 Agustus 2015|| 09.00 ||

Ribuan mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember pada hari Jum’at, 14 Agustus 2015 berdatangan ke Kampus untuk mengikuti kegiatan Pra-PEKA yakni Sosialisasi dan Pemberian Atribut PEKA. Sebanyak 2059 mahasiswa, pada pagi itu berkumpul di GOR Perjuang 45 untuk selanjutnya mereka dibagi menjadi 2 golongan yakni golongan A yang terdiri atas Jurusan Produksi Pertanian, Manajemen Agribisnis, Teknik Informatika dan Golongan B terdiri atas Jurusan Teknik Pertanian, Kesehatan, Ternak, Teknik, Bahasa. 
        Golongan A sebanyak 1008 mahasiswa terlebih dahulu bertempat di GOR Perjuangan 45 untuk mendapatkan pembagian atribut PEKA dari Panitia PEKA sedangkan untuk golongan B sebanyak 1051 mahasiswa bertempat di Aula Sutrisno Widjaya untuk mengikuti pengarahan dari panitia PEKA. Panitia menggunakan sistem Rolling untuk 2 Golongan tersebut pada hari itu.
Kegiatan dimulai tepat pada pukul 09.30 WIB. Walaupun pada awal kegiatan ada sedikit kemoloran waktu, namun acara dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan Sosialisasi PEKA dibuka oleh Bapak Nugroho Setyo Wibowo S.T, M.T selaku Ketua Panitia PEKA 2015. Dalam acara sosialisasi tersebut beliau memberikan arahan mengenai PEKA. “ PEKA merupakan Suatu kegiatan yang bertujuan untuk mempercepat proses pengenalan Kampus sehingga Mahasiswa Baru mampu beradaptasi dengan lingkungan kampus dan tujuan lainnya juga mencetak mahasiswa yang smart, inovatif dan profesional ”. 
        Kegiatan ini akan dibuat menyenangkan tanpa ada perploncoan kepada mahasiswa. Selama PEKA nanti mahasiswa akan dibekali dengan Materi Ke-organisasian, Materi Pengenalan Akademik, dan Materi Keorganisasian. Mahasiswa baru akan mendapatkan materi baris berbaris yang akan diberikan selama berada di SECABA Jember. 
Sama dari tahun-tahun sebelumnya, mahasiwa baru selama kegiatan PEKA berlangsung mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih tidak bermotif, celana kain hitam, dasi hitam dan sepatu warna hitam. Adapun atribut yang diberikan yakni berupa Tas PEKA, ID Card, topi dan Jas Almamater. Atribut yang diberikan tersebut diharapkan selalu dipakai selama kegiatan PEKA berlangsung. Namun ketika mahasiswa baru mengikuti kegiatan di SECABA mereka mengenakan Kaos PEKA, Celana panjang olahraga warna gelap, dan sepatu olahraga.
Sudah menjadi keharusan di Politeknik Negeri Jember untuk menumbuhkan rasa kedisiplinan yang sangat tinggi, maka tim kedisiplinan mewajibkan bagi mahasiswa baru laki-laki untuk memotong rambutnya seukuran 1 cm. Kegiatan PEKA di Politeknik Negeri jember akan dimulai pada tanggal 24 Agustus 2015 dan berakhir pada tanggal 29 Agustus 2015.

Hendarta Kurniawan