11.49
EXPLANT - Calon anggota explant mulai tanggal 10 tepatnya malam jum’at jam 18:30 wib sudah mulai diberikan pelatihan-pelatihan serta pengenalan tentang Reportase. Para calon anggota Explant wajib mengikuti pelatihan tersebut. Bisa dikatakan acara ini adalah diklat calon anggota Explant.
Pemateri pelatihan ini adalah seorang senior dalam bidang Persma (pers mahasiswa) yaitu Rizky Akbari S. Dia telah melanglang buana dibidang ini sejak tahun 2007, tentu saja pengalamannya dalam hal tulis menulis sudah tidak diragukan lagi. Dia merupakan mahasiswa dari Universitas Jember.
Menurut Mas Rizky, seorang persma yang baik harus memperkenalkan identitas pada narasumber sebelum memulai wawancara. Selain itu, kita harus membuat sebuah kerangka pertanyaan agar dapat mengefisienkan waktu.
“Seorang penulis yang baik dapat membuat tulisannya berbicara,” terang Mas Rizky.
Tidak hanya itu saja mas rizky juga menerangkan ada 3 macam nara sumber yang bisa diwawancarai yaitu nara sumber primer, nara sumber sekunder dan nara sumber tersier.
“Sorang penulis pada saat menuliskan sebuah berita mempunyai sudut pandang yang berbeda–beda.“ tutur Mas Rizky.
Sebagai contohnya dia menunjukan sebuah botol yang mana pada saat kita disuruh menggambar botol tersebut akan terdapat sebuah perbedaan antara satu dengan lainnya, karena orang yang  menggambar berdasarkan sudut pandangnya masing-masing. Begitu pula dalam hal tulis-menulis.
Ini merupakan diklat pertama bagi calon anggota Explant, walaupun diklatnya tidak dihadiri begitu banyak oleh calon anggota Explant yang lainnya, tetapi terbukti akan antusias semangat dari calon anggota Explant yang telah hadir dan mengikuti acara diklat dengan baik.
Disamping itu ternyata calon angota Explant dan anggota Explant kini semakin solid karena mulai timbul rasa kebersamaan dan saling memberi terbukti dari seorang calon anggota Explant yaitu 0zhy, yang membawa makanan untuk semua yang hadir diacara tersebut.


Oleh: Mastrip (Tasrif  Arifin)
 Tasrif_beethoven@rocketmail.com