13.18

Oleh: Rizka Wulan .S. (Anggota Magang 2011)

     Mahasiswa Politeknik Negeri Jember patut berbahagia, khususnya bagi para penerima beasiswa bidik misi. Kemarin, tepatnya hari Rabu tanggal 23 November 2011, beasiswa ini telah diterima langsung oleh mahasiswa yang terpilih. Setelah tiga bulan menunggu kabar yang simpang siur, akhirnya kemarin mereka telah menikmati hasilnya untuk pertama kalinya. Kabar yang simpang siur itu kemarin telah dijelaskan oleh Bapak Drs. Juwanto bahwa beasiswa tersebut terpaksa menunggak selama tiga bulan dikarenakan menunggu proses turunnya dana tersebut dari pihak yang terkait.
      “Sebenarnya dana dari APBN sudah turun sejak tanggal 10 November 2011, namun dana tersebut belum bisa diberikan langsung kepada penerima beasiswa bidik misi dikarenakan masih menunggu turunnya dana dari APBD. Dana dari APBD ini diperuntukkan bagi mahasiswa penerima beasiswa bidik misi gelombang kedua (kuota tambahan). Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi kecemburuan sosial antara penerima bidik misi gelombang pertama dan kedua.  Jadi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka dana itu kami turunkan secara bersamaan, tepatnya kemarin tanggal 23 November 2011”, tutur Bapak Drs. Juwanto.
    Kejadian ini tentunya disambut meriah oleh para penerima beasiswa bidik misi, karena selama tiga bulan mereka telah menunggu turunnya dana tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh salah satu penerima beasiswa tersebut. “Terus terang saya sudah menunggu lama turunnya beasiswa ini, karena persediaan uang dari orang tua saya sudah habis dan rumah saya di Jombang. Kurang lebih delapan jam perjalanan jika ditempuh dengan kereta api. Jadi selama ini saya terpaksa berhutang pada teman saya untuk makan sehari-hari dan membayar uang kos. Tapi dengan cairnya uang ini, sekarang saya bayarkan langsung buat pinjaman saya. Sedangkan sisanya akan saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari”, kata Saiful .B. (19).
    Dana sejumlah Rp. 1.950.000,00 terhitung dari bulan September lalu diberikan kepada mahasiswa penerima beasiswa bidik misi ini diharapkan dapat digunakan sebaik-baiknya oleh mahasiswa. Karena dana ini memang diperuntukkan sebagai biaya hidup selama berada di Politeknik Negeri Jember dan dana ini akan diturunkan setiap bulannya. (red)