14.40

Muatan Roket IRSKY'64/dok UKM Robotika

Minggu, [28/08] Polije. UKM Robotika berhasil menduduki juara pertama pada ajang Komurindo-Kombat 2016 yang dilaksanakan di Pameupeuk,  Bogor, pada 24-27 Agustus 2016. Mengikuti kompetisi divisi muatan roket yang diselenggarakan oleh LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), UKM Robotik mengeluarkan 1 tim yang berhasil menciptakan 1 muatan roket bernama IRSKY’64. Muatan roket hasil kerja keras 3 mahasiswa yaitu Andi Kurniawan, Venata Fatmala dan Nydia Abiwardana. Mereka telah mengungguli 20 perguruan tinggi se-Indonesia yang lolos tahap seleksi ke-2 seperti ITS, PENS dan perguruan tinggi lainnya. Sedangkan persiapan sudah dilakukan tim sejak bulan Maret 2016.
Seperti yang dilansir dari situs resmi http://komurindo-kombat.lapan.go.id/, Perlombaan Komurindo Divisi muatan roket mengusung tema “pemantauan grafis sikap luncur roket uji muatan dalam visualisasi odometri tiga dimensi”. Maksud tema ini ialah pemantauan jarak jauh sikap luncur wahana melalui layar komputer (laptop) secara grafis waktu nyata (real time) dalam 3 dimensi yang diperoleh dari data sensor-sensor yang dipasang pada muatan roket. Sistem penilaian lomba terdiri dari  3 tahap, yaitu Uji Fungsionalitas (UF) yang dilaksanakan pada 25 Agustus, Uji Antenna Tracker (UAT) dan Uji Peluncuran (UP) pada 26 Agustus.
Ketika ditanya mengenai kelebihan roket IRSKY’64 dari roket-roket lain, Andi menjawab bahwa muatan roket merupakan barang elektronik sehingga berkemungkinan mengalami guncangan dan kerusakan  saat perjalanan. “Strategi kita menaruh barangnya, dilapisi dengan busa supaya tidak terjadi guncangan. Kalau masalah darii tim lain diunggulkan terus kita kok bisa jadi juara itu mungkin sudah takdir dari Tuhan,” ucap Andi.
Anton Prasetyo selaku ketua umum UKM Robotik merasa kaget dan senang mendapat  kabar  dari Tim IRSKY’64 pada pukul 9 malam. “kami juga nggak percaya, mendapat juara 1. Saya minta foto dari Andi, ternyata benar juara. Alhamdulillah,” ungkap . ia juga mengungkapkan bahwa kawan-kawan robotika senang karena baru pertama kali ikut lomba muatan roket langsung juara satu dan membawa nama Polije di kancah Nasional.

Oleh : Galuh Dwi Saraswati