17.00
Lomba Tarik Tambang. Doc. Sugiyanto/Explant

Polije - Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, UKM Pramuka Racana Arjuna Srikandi pangkalan Politeknik Negeri Jember mengadakan Lomba Pesta Rakyat (17/8). Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Kemerdekaan Indonesia yang ke-71 tahun, juga untuk mengakrabkan sesama anggota ormawa (Organisasi Mahasiswa) yang ada di kampus Polije.

Azizah Muaffah selaku ketua pelaksana kegiatan menuturkan “Selain memperingati hari kemerdekaan, kita ingin agar antar UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) serta MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa) saling mengenal dan akrab antar anggota” Tuturnya.

Dalam acara tersebut banyak peserta yang mengikutinya. Ada sebelas tim dari perwakilan dari HMJ, sembilan tim dari UKM, satu tim dari MPM serta ditambah peserta undangan dari Pramuka Pangkalan IAIN Jember.

UKM Pramuka memilih mengadakan lomba tradisional karena melihat banyak anak muda yang kurang paham dengan permainan tradisional. “Melihat dari zaman, banyak anak yang kurang paham dengan permainan tradisional. Masak sih kita hanya mengenal permainan modern aja” , tutur Azizah saat di temui di tengah-tengah acara.

Beberapa perlombaan tradisional yang diadakan oleh UKM Pramuka antara lain bakiak, lari kelereng, tarik tambang, makan krupuk, ambil koin, memasukkan paku dalam botol dan balap karung.

Dicky Agung, salah satu peserta dari UKM Teater Kotak mengatakan kalau acara seperti lomba rakyat ini cukup menarik, terdapat rasa kekeluargaan antar ormawa. Dicky pun mengungkapkan bahwa permainan seperti ini pernah ia mainkan pada waktu ia masih di SD (Sekolah Dasar) “Ya lebih terasa rasa kekompakan, kekeluargaan di dalam kampus. Dulu saya pernah main waktu saya masih SD”.

Oleh : Ahmad Junaidi Al-Jawawi