07.18
Suasana workshop berlangsung

Jember, (13/09) Politeknik Negeri Jember, tepatnya Unit Kegiatan Mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian (UKMJ TP) mengadakan workshop PKM ( Pekan Kreatif Mahasiswa). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun. Dengan adanya program ini mahasiswa disadarkan untuk menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Kegiatan workshop yang diadakan oleh UKMJ TP sangat perlu demi kemajuan Polije karena dengan adanya acara seperti ini mengasah kemampuan mahasiswa dalam pengaplikasian ilmu yang diajarkan oleh para dosen. Kegiatan ini tidak semata-mata untuk mencari nama saja namun untuk mengasah kreatif mahasiswa. Selain itu kegiatan ini diharapkan para mahasiswa utamanya mahasiswa jurusan TP lebih banyak mengirim atau mengikuti kegiatan ini untuk menuju pimnas
Seperti yang disampaikan oleh Putri Prima selaku ketua panitia “Dengan adanya workshop ini diharapkan banyak mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKM 2014 sehingga nama Polije akan terangkat serta kesempatan lolos ke pimnas lebih besar” tuturnya saat ditemui ketika acara belum dimulai.
Seharusnya Kegiatan ini di laksanakan oleh pihak lembaga karena kegiatan ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di indonesia, namun pihak lembaga tidak ada inisiatif menyelenggarakan kegiatan seperti ini untuk kemajuan Polije. Jadi pihak UKMJ TP berinisiatif menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan memberikan informasi tentang PKM dan menumbuhkan semangat dalam mengikutinya, khususnya mahasiswa jurusan Teknologi Pertanian. Hal ini juga disampaikan oleh Hasan Bassri selaku Ketua Umum UKMJ TP “Kami menyelenggarakan kegiatan ini untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa dan bertujuan untuk memberikan informasi tentang PKM serta memberi semangat yang tinggi agar mahasiswa TP mengikutinya. Saya sedikit kecewa karena pihak lembaga tidak menyelenggrakan kegiatan seperti ini setiap tahunnya padahal kegiatan ini sangat penting” ucapnya saat ditemui di sekretariat UKMJ TP.
Dalam pelaksanaan PKM sampai selesai nanti mahasiswa diharapkan mengikuti dan tidak usah memikirkan kekurangan fasilitas yang terpenting mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian mengikuti karena pihak jurusan akan menfasilitasi semua kegiatan PKM.
Kajur TP Ir. Iswahyono, MP dan pihak jurusan akan memfasilitasi kegiatan PKM ini bagi mahasiswa yang ingin berkontribusi dalam bidang PKM yang ada “Pihak jurusan akan memfasilitasi seluruh mahasiswa TP yang ingin mengikuti PKM 2014 ini” ucapnya saat memberikan sambutan pembukaan acara.
Kegiatan PKM ini merupakan ajang bergengsi diseluruh perguruan tinggi di Indonesia. Selain mendapatkan modal, mahasiswa mendapat pengalaman yang bagus untuk persiapan Tugas Akhir.
Ir. Iswahyono, MP menambahkan dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa workshop PKM ini sedikit terlambat karena pengumpulan terakhir proposal PKM yaitu pada akhir bulan ini. “ Kegiatan workshop PKM ini terlambat dilaksanakan karena pengumpulan terakhir tanggal 28 september 2014, jadi waktu kalian hanya 15 hari. Dengan waktu tersebut pasti kalian bisa, tidak ada salahnya kalian mengikutinya” ucapnya saat beliau memberi sambutan.
Meski pelaksanaan workshop PKM ini sedikit terlambat namun mahasiswa jurusan TP diharuskan untuk mengikuti kegiatan ini karena dapat membantu mahasiswa untuk persiapan Tugas Akhir.

Oleh : Sugiyanto
Foto : Doc. panitia