22.56
BKPM (Buku Kerja Praktek Mahasiswa) sangat berperan penting dalam kelangsungan belajar maupun kegiatan perkuliahan aktif mahasiswa Politeknik Negeri Jember. Namun, BKPM yang pada minggu ke-2 masa perkuliahan aktif harusnya sudah diberikan kepada mahasiswa, hingga kini belum kunjung dibagikan. Salah satu jurusan yang mengalami keterlambatan pembagian BKPM adalah Jurusan Bahasa, Komunikasi, dan Pariwisata Politeknik Negeri Jember. Hal ini membuat sejumlah mahasiswa berkeluh kesah. Mereka harus menunggu setiap dosen memfotokopi materi per bab terlebih dahulu. Sejumlah mahasiswa merasa kesulitan dalam belajar.

“Saya heran dengan Poltek tahun ini, sudah minggu ke-2 masa perkuliahan aktif namun BKPM masih belum kunjung dibagikan dan mahasiswa juga kewalahan dalam belajar, sebagai mahasiswa kita kan harus selalu mempelajari terlebih dahulu materi yang besok akan diberikan oleh dosen,” keluh Niaka, Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Politeknik Negeri Jember.

Menurut Aisyah S.Pd, salah seorang dosen Program Studi Bahasa Inggris, hingga minggu depan BKPM belum dapat diterima mahasiswa karena Pak Asmuni selaku pengurus penerbitan BKPM masih sibuk mengurusi BKPM milik Jurusan/Program Studi lain, Program Studi Bahasa Inggris masih harus menunggu antrin.

Tidak hanya mahasiswa Jurusan/Program Studi Bahasa Inggris yang belum menerima BKPM, namun program studi lain juga mengalami nasib serupa. Diantaranya, Program Studi Manajemen Agroindustri, Teknologi Industri Pangan, Teknologi Produksi Ternak, dan Teknik Energi Terbarukan. Beberapa program studi tersebut dipastikan baru akan memberikan BKPM kepada mahasiswanya minggu depan.


(IKHSANTO HADI NUGROHO, ANGGOTA MAGANG UKPM EXPLANT 2011)